Tunjangan Profesi Dana Transfer dan Dekonsentrasi 2011

profesiPemerintah mengambil kebijakan mulai tahun 2010 ada dua cara pembayaran tunjangan profesi bagi guru , yaitu  anggaran tunjangan profesi bagi guru PNS dibebankan pada dana APBD kabupaten/kota yang bersumber dari dana transfer pusat ke daerah serta  bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional yang dialokasikan pada dana dekonsentrasi dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Dinas Pendidikan Provinsi Tahun 2011.


Untuk penyaluran tunjangan profesi tahun 2011 ini, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar melalui SK No 0005.0521/C5.6/T/SK/2011 tertanggal 7 Maret 2011 telah menetapkan nama-nama  guru dan pengawas yang menerima tunjangan profesi melalui dana transfer serta SK No 0038.0501/C5.6/D/SK/2011  bagi guru yang dbayarkan melalui dana dekonsentrasi.

Tentunya berita gembira ini harus diimbangi dengan peningkatan kinerja yang lebih profesional lagi serta para guru dan pengawas harus selalu berusaha meningkatkan standar kompetensinya sebagaimana ketentuan tentang standar kompetensi guru dan pengawas. Guru dan pengawas harus secara sadar mau membelanjakan sebagaian tunjangan profesinya untuk peningkatan profesionalisme sebagaimana dituntut dalam standar kompetensi profesional. Ingat bahwa tunjangan profesi dapat dicabut sebagaimana tercantum dalam buku petunjuk penyaluran dana tunjangan profesi yang dapat Anda download di bawah ini.

Buku pentunjuk tentang penyaluran tunjangan profesi lewat dana transfer 2011 dapat di download di sini, sedangkan petunjuk teknis penyaluran lewat dana dekon dapat di ambil di sini

Sedangkan daftar penerima tunjangan profesi lewat dana transfer dan dekon tahun 2006 – 2009 khusus untuk kabupaten Lumajang dapat didownload di sini

Untuk penerima tunjangan tahun 2010 datanya masih dalam proses pengiriman ke daerah. Tunggu saja.

10 responses to “Tunjangan Profesi Dana Transfer dan Dekonsentrasi 2011

  1. mudah-mudahan lancar dananya
    juga tekun mengajarnya, biar imbang . Amiiin
    : D :D :D

  2. Untuk melihat SK Tunjangan Profesi bagi guru SMA, dimana ya???
    =============
    Website p2tkdikdas.kemdiknas.go.id rupanya hanya memuat daftar untuk SD/SMP saja. Coba Anda bertanya langsung lewat e-mail di profesidikdas@yahoo.com atau telepon ke :(021) 5725541 untuk mendapatkan informasi untuk SMA. Terima kasih.

  3. HERU MARTONO

    Apa saja syarat-syarat pencairan dana dekon 2010
    ================
    Daftar penerima tunjangan profesi dana dekon ( SK NO 0104.0521/C5.6/D/SK/2011 ) dan lewat dana transfer ( SK No.0132.0521/C5.6/T/SK/2011 ) tahun 2010 dapat Anda lihat pada web p2tkdikdas. Tentang persyaratannya dapat Anda tanyakan ke Dinas Pendidikan. Terima kasih.

  4. lebih baik sih melalui dan Dekonsentrasi, klo melalui dana transfer nantinya banyak di akal-akalin oleh pemda seperti dana BOS…….caep deh…..

  5. jumlah yang dicairkan melalui dekon ke rekening saya hanya 7.650.000. Kemana harus menanyakan permasalahan ini? Karena jauh berbeda jumlahnya dengan rekan-rekan yang lain, mohon informasi.
    =========
    Anda dapat menanyakan ke Dinas Pendidikan setempat.Terima kasih.

  6. Saya, Jimmy Manachen Pardomuan Situmorang, S.Pd
    NUPTK 1551755656200003
    Nomor Peserta Sertifikasi 08056242710496
    tercatat sebagai guru sertifikasi SMK Gamaliel Kota Madiun. Karena saya diterima sebagai CPNS SMKN 1 Kebonsari Kabupaten Madiun, pada bulan Oktober 2011 saya mengajukan mutasi sertifikasi dari Kota Madiun ke Kabupaten Madiun. Tunjangan Profesi Pendidik saya sampai sekarang belum cair (Juli s/d Desember 2011).
    Saya telah bertanya kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun. Menurut Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun, Tunjangan Profesi Pendidik saya (Juli s/d Desember 2011) masih tanggung jawab Dinas Pendidikan Kota Madiun (sesuai SK penerima TPP 2011).
    Saya juga telah bertanya kepada Dinas Pendidikan Kota Madiun. Menurut Dinas Pendidikan Kota Madiun, nama penerima Tunjangan Profesi Pendidik ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Nama saya tidak ada dalam daftar tersebut, padahal di SK penerima TPP 2011 nama saya tercantum.
    Yang menjadi pertanyaan saya adalah:
    1. Apakah benar nama penerima Tunjangan Profesi Pendidik ditentukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur?
    2. Tunjangan Profesi Pendidik saya (juli s/d desember 2011) tanggung jawab Dinas Pendidikan Kota Madiun atau Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun ?
    3. Langkah apa yang harus saya lakukan agar Tunjangan Profesi Pendidik saya (juli s/d desember 2011) dapat cair?
    ================
    Pak Jimmy, coba kirim e-mail ke : profesidikdas@yahoo.com. atau buka web : p2tkdikdas.kemdiknas.go.id. atau Siapa bisa bantu bantu kesulitan Bpk. Jimmy ?

  7. Asalamalaikum.wr.wb.yang terhormat bpk / ibu panitia / bagian sergur.sebelumnya saya minta maaf jika saya mengganggu aktifitas bapak / ibu . saya ingin menanyakan mengenai sergur nama saya YANIK ZAHROTULLULUIYAH, nomor Peserta Sergur 081203022710091.kuota 2008 formasi guru Kelas ( SD ) dari honorer.NUPTK 1661-7606-6130-0003. Pada tahun 2009 saya diterima PNS guru SMA, dan dari tahun 2009 saya hanya menerima 3 bulan ( 1 x Pencairan ) seterusnya saya sudah tidak menerima lagi dana sertifikasi guru tersebut sampai saat ini.pertanyaan saya
    1. apakah saya sudah tidak bisa lagi mengikuti PLPG atau kuliah selama satu tahun untuk mendapatkan sertifikat sesui pelajaran yang saya ampuh dikarnakan NUPTK saya sudah pernah tersertifikasi.
    2. apakah selamanya saya tidak bisa lagi mendapatkan tunjangan sergur seperti guru – guru yang lain.
    saya mengarapkan solusi dan jalan keluar buat saya, apa dan bagaimana yang harus saya lakukan. Atas segala kebaikan bapak / ibu saya mengucapkan beribu terimakasih dan semoga yang maha kuasa memberikan kemudahan dan pahala kepada bpk / ibu. Wasalamualaikum. wr.wb

  8. Assalamu’alaikum… sy wahyudi peserta PLPG 2011 d UNESA dengan NUPTK 6237 7606 6120 0023 no peserta sertifikasi 11 0523 2271 0606, apakah sk tunjangan profesei yang unesa sdh terbit, sedangkan d jember dan malang seangkatan dengan kami sdh terbit. mohon informasinya. sekian terima kasih wassala……..
    ==================================
    Pertanyaan tentang tunjangan profesi, dapat Anda tanyakan langsung ke alamat email :profesidikdas@yahoo.com. Terima kasih

  9. YENNI SURATNI

    cara mengirim email guru itu gimn??

  10. Terimah kasih,tulisan yang inspiratif. Semoga bermanfaat. AMIN…

Leave a Reply

