HATI-HATI DENGAN STROKE

Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah.


WHO mendefinisikan bahwa stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak dan bukan oleh yang lain dari itu.

Stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu: stroke iskemik maupun stroke hemorragik.

Stroke iskemik yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. 80% stroke adalah stroke Iskemik. Stroke iskemik ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Stroke Trombotik: proses terbentuknya thrombus yang membuat penggumpalan.
  2. Stroke Embolik: Tertutupnya pembuluh arteri oleh bekuan darah.
  3. Hipoperfusion Sistemik: Berkurangnya aliran darah ke seluruh bagian tubuh karena adanya gangguan denyut jantung.

Stroke hemoragik adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Hampir 70% kasus stroke hemoragik terjadi pada penderita hipertensi.

Stroke hemoragik ada 2 jenis, yaitu:

  1. Hemoragik Intraserebral: pendarahan yang terjadi didalam jaringan otak.
  2. Hemoragik Subaraknoid: pendarahan yang terjadi pada ruang subaraknoid (ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak).

Berikut ini ada beberapa tips atau cara sehat untuk mengurangi / mencegah serangan stroke yang berbahaya tersebut :

1. Tidak merokok. Ini adalah salah satu hal yang paling sering kita dengar, namun banyak dari kita tidak menghiraukannya. Ada manfaat yang sangat besar jika Anda memutuskan untuk tidak merokok, namun ada pula kerugian yang akan Anda tanggung jika Anda tidak bisa menghindarinya.

2. Jaga keseimbangan berat badan Anda. Ini berarti Berat Massa Tubuh (BMT) Anda tak lebih dari 25. BMT berkisar 25-29.9 termasuk kedalam pra-obesitas, dan BMT lebih dari 30 atau lebih merupakan kecenderungan obesitas. Jaga dan atur pola makan Anda, kurangi makanan dengan kolesterol tinggi, minuman beralkohol, dan kurangi asupan kafein Anda. Makan buah dan sayur dapat mengurangi risiko terkena penyakit degeneratif akibat serangan radikal bebas baik dari dalam maupun dari luar tubuh.

3.Jaga keseimbangan aktivitas otak Anda. Paling tidak setengah jam atau lebih setiap harinya otak Anda harus di REFRESH agar segar kembali. Anda bisa melakukan olahraga atau kegiatan ringan lain seperti, jogging, senam ringan, bermain bulu tangkis, tennis, bercanda, nonton film ringan , makan bersama keluarga di lesehan atau berbagai macam kegiatan lain yang Anda senangi.

4. Atur menu makan. Usahakan menu makan Anda setiap harinya memenuhi unsur-unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti kandungan karbohidrat, serat, protein, kalsium, vitamin dan mineral. Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari makanan-makanan seperti ikan, ayam kampung, daging, kacang-kacangan seperti kedelai, buah dan sayur.

5. Hindari minuman beralkohol, yang berkadar rendah maupun yang tinggi. Dengan menjalankan 5 tips sehat tadi, paling tidak risiko stroke tak menghampiri Anda di saat keluarga membutuhkan Anda.

sumber : medicastore.

One response to “HATI-HATI DENGAN STROKE

  1. bener banget pak, 1 tetangga dan 1 teman guru tiba2 kena stroke. mudah2 kita dihindari dari penyakit ini. Amiin
    …………………………………………………….
    mohon maaf, mohon bantuan doa di
    http://bchree.wordpress.com/2011/03/09/mohon-do%E2%80%99a-dan-bantuannya/
    terima kasih.
    =================
    Semoga kita mendapat perlindungan-Nya. Sehat wal afiat dan dapat beraktifitas sambil beribadah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s