PEMILIHAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH PRESTASI 2011

  Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, guru tidak hanya dituntut memiliki kemampuan teknis edukatif tetapi juga harus memiliki kepribadian yang kokoh sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga, maupun masyarakat. Selaras dengan kebijaksanaan pembangunan yang meletakkan pengembangan sumber daya manusia ( SDM ) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin strategis untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global.

Era global menuntut SDM yang bermutu tinggi dan siap berkompetesi, baik pada tataran nasional, regional, maupun internasional. Pemilihan guru prestasi ( termasuk di dalamnya Kepala Sekolah dan Pengawas ) dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme, yang diharapkan berpengaruh positif pada peningkatan kinerja. Peningkatan kinerja tersebut dapat terlihat dari mutu lulusan satuan pendidikan sebagai SDM yang berkualitas, produktif dan kompetitif.

Pemilihan guru prestasi ( baca juga : kepala sekolah dan pengawas ) adalah sebagai amanat dari UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Pasal 36 ayat 1  mengamanatkan bahwa :”Guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa, dan/atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan “.

Secara teknis, pemilihan guru berprestasi tidak boleh asal comot / tunjuk , tetapi haruslah  dilaksanakan secara bertingkat / berjenjang, dimulai dari tingkat satuan pendidikan, kecamatan, kabupaten,propinsi dan nasional sehingga akan menghasilkan sosok guru /kepala sekolah yang berprestasi dan dapat diteladani.

Bagi yang membutuhkan pedoman pelaksanaan lomba Guru Prestasi 2011 dari Kemdiknas, dapat di download di sini, sedang untuk lomba Kepala Sekolah Prestasi dapat di download di sini.

Mari kita laksanakan pemilihan Guru/Kepala Sekolah/Pengawas berprestasi sesuai dengan pedoman pelaksanaan yang diterbitkan oleh Kemdiknas. Semoga bermanfaat dan selamat berlomba untuk menjadi yang terbaik.

6 responses to “PEMILIHAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH PRESTASI 2011

  1. postingnya sangat menarik kami bantu sebarkan pak, boleh?
    ===========
    Silakan untuk disebarluaskan kepada yang lain.

  2. Pingback: PENGUMUMAN LOMBA GURU DAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI TINGKAT KABUPATEN HINGGA NASIONAL | ayomendidik

  3. Tugas guru mendidik, mengajar, melatih,membimbing/membina (mengarahkan) mendorong secara terus menerus.( Ki Hajar Dewantara, falsafah pendidikan) secara luas.hal itu mengandung maksud bahwa pendidikan akan nampak bila ada kesinambungan antar pendidik di segala tingkat kelas dan jenjang satuan pendidikan. Sedangkan menilai sehub dg Tupoksi guru dari Permen no.16 th. 2007 dan No.13 th. 2007 tentang Standar kompetensi guru/KS. 1. Kompetensi Kepribadian, sosial, Akademik ( mengajar / meng evaluasi/menilai ) Menejerial ( menyusun RPP dll.), dst.
    ==============
    Terima kasih atas penjelasannya. Semoga para guru terpanggil untuk menjadi profesionalis sejati.

  4. Assalamu’alaikum
    Salam kenal,jangan lupa berkunjung juga ke sini Blog Pengawas Sekolah Indonesia.

    Wassalam
    =============
    Terima kasih kunjungannya. Selamat bekerja dan salam sejahtera untuk Anda dan kerabat kerja.

  5. SELAMAT Hari Raya Idhul Fitri tahun 1433 H. sALAM SEJAHTERA bagi semua kawan dlm lingkungan pendidikan, serta rekan Pengawas Indonesia. dengan uncapan ,, KEJAR PRESTASI dg meningkatkan Kompetensi diri serta raih Jati Diri Guru yang selalu ingat ING NGARSA ASUNG TULADA , ING MADYA MANGUN KARSA dan TUTWURI HANDAYANI.
    Serorah ( bhs Jaw) tersebut mengandung arti Filosofi yg sangat dalam. Yakni bagaimana cara guru berdiri di depan kelas/didepan peserta didiknya serta harus bagaiamana kita tampil dalam masyarakat dst..
    Yang lebih penting mari kita bangun pendidikan mulai dari yg ter dekat. yaitu mulai dari diri kita sendiri, keluarga kita masing2( keluarga guru) dan seterusnya ke masyarakat luas. INGAT PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA BANGSA. serta tidak KORUPSI.

    ” MARI BERSAMA-SAMA UNTUK MENUJU SURGA ”

  6. Terimah kasih.Tulisan yang inspiratif. Mudah-mudahan bermanfaat. AMIN….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s