JANGAN KEHILANGAN MAKNA HARI PENDIDIKAN NASIONAL

tumpengTanggal 2 Mei adalah hari Pendidikan Nasional.  Tanggal 2 Mei dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasonal bertepatan dengan hari lahirnya salah satu tokoh pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara atau dengan nama asli: Raden Mas Soewardi.


Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei setiap tahunnya diperingati oleh pemerintah khususnya Departemen Pendidikan Nasional. Peringatan Hardiknas ini juga dilaksanakan di seluruh daerah, baik propinsi maupun kabupaten/kota.  Banyak kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bersejarah tersebut. Dan tak pernah tertinggal dari agenda peringatan Hardiknas adalah acara dengan label “syukuran”. ( pedoman upacara bendera 2011 klik di sini )

Tak jarang kita berbuat sesuatu tanpa mengetahui apa makna dari kegiatan tersebut.  Kegiatan tasyakuran mudah-mudahan tak diartikan sebagai rasa “puas” atas keadaan dunia pendidikan saat ini. Masih banyak pekerjaan rumah yang arus diselesaikan. Masih banyak persoalan yang melilit dunia pendidikan yang membutuhkan penanganan yang cermat dan tepat.

Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, anak putus sekolah, kenakalan anak sekolah, sarana pendidikan yang rusak, tenaga pendidik yang kurang merata, penyalahgunaan anggaran dll adalah sederet contoh permasalahan yang perlu diselesaikan. Permasalahan tersebut seakan tak ada habisnya mengiringi prestasi yang dicapai oleh anak-anak kita yang berjaya di olimpiade tingkat internasional maupun prestasi cemerlang  lainnya yang diukir oleh anak-anak.

Di hari yang bersejarah ini, marilah kita introspeksi diri. Sudahkan kita berbuat dan bekerja secara profesional di bidang masing-masing tanpa ada keterpaksaan ? Tanpa ada tendensi apapun kecuali mengabdi kepada profesi kita ?

Mudah-mudahan peringatan Hari Pendidian Nasional tahun 2011 ini yang mengusung tema : PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PILAR KEBANGKITAN BANGSA dan Sub tema : RAIH PRESTASI JUNJUNG TINGGI BUDI PEKERTI, tidak kehilangan semangat dan makna dari pendidikan itu sendiri. Mudah-mudahan kita tidak terjebak pada seremonial belaka dan hanya sebatas “potong tumpeng” tanpa mengerti apa makna sebenarnya di balik hari bersejarah ini.


2 responses to “JANGAN KEHILANGAN MAKNA HARI PENDIDIKAN NASIONAL

  1. semoga kami lebih baik. Amiin😀
    turut mengucapakan
    SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

  2. Terimah kasih,tulisan yang inspiratif. Semoga bermanfaat. AMIN…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s