SERTIFIKASI GURU TAHUN 2011

Sertifikasi 2011PP No 74 Tahun 2008 tentang Guru menyatakan bahwa guru adalah pendidik profesional. Guru yang dimaksud meliputi guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling, dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan.

Guru profesional dipersyaratkan memiliki kualifikasi akademik yang relevan dan menguasai kompetensi sebagaimana dituntut dalam Undang-undang Guru dan Dosen. Oleh karena itu pengakuan guru sebagai pendidik profesional dibuktikan dnegan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui suatu proses sistematik yang disebut sertifikasi.

Sertifikasi guru dalam jabatan adalah salah satu upaya peningkatan mutu guru yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan formal secara berkelanjutan.

Sertifikat pendidik, menurut aturan yang sekarang dapat diperoleh melalui :

1. Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung ( PSPL ),

2. Portofolio ( PF ),

3. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ), Juknis tahun 2011- ambil  di sini

4. Pendidikan Profesi Guru ( PPG ).

Dari 4 cara tersebut di atas, untuk tahun 2011 ini, cara PLPG ( lebih dikenal dengan sebutan “diklat” diberikan kuota paling banyak oleh pemerintah, dengan harapan bahwa guru yang mendapat sertifikat pendidik menjadi lebih profesional lagi. PLPG memang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.

Oleh karena itu, saat ini yang paling tepat adalah para guru di Lumajang ini harus lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi PLPG tersebut sambil menunggu penetapan sertifikasi tahun 2011. ( tahapan sertifikasi tahun 2011 dapat Anda lihat di http://www.sertifikasiguru.org ).

Pedoman PLPG tahun 2011 perlu dicermati lebih dahulu agar lebih siap lagi. Anda dapat mendownload Pedoman Pendidikan dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ) tahun 2011 di sini. Selamat Bekerja.

One response to “SERTIFIKASI GURU TAHUN 2011

  1. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) kenapa harus di imbangi dengan gaji naik 100% ya pak, harusnya tidakk semua yang di PLPG dapat dana sertifikasi langsung. jangan2 nanti pemerintah tidak mampu bayar guru ? apa lagi sertifikasi bukan jaminan guru kerjanya tambah profesional?
    …………………………….
    saya bantu sebarkan, jazakumullah ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s