BERSIAP MENGIKUTI PLPG 2011

plpgPara guru yang telah masuk kuota sertifikasi 2011 pola PLPG harus bersiap – siap mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Kegiatan yang berlangsung selama90 jam tersebut terdiri atas 22 jam pertemuan teori serta 68 jam praktik.

Kegiatan berbentuk workshop dengan 2 kegiatan utama workshop yaitu :

1. Workshop Penelitan Tindakan Kelas ( PTK ) dan penulisan karya tulis lainnya berlangsung selama 6 jam praktik. Kegiatan ini ditekankan pada penyusunan rancangan PTK untuk perbaikan pembelajaran / pembimbingan berdasarkan hasil refleksi pembelajaran.

2. Workshop Pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran berlangsung selama 32 jam pertemuan. Kegiatan ini lebih ditekankan kepada pengembangan dan pengemasan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, bahan ajar, LKS, media pembelajaran dan instrumen penilaian.

Untuk kegiatan workshop PTK, jadikan permasalahan kegiatan pembelajaran di kelas sebagai materi pokok tulisan. Oleh karena itu kegiatan ini haruslah dimulai dengan :

– mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran yang ada di kelas pada sekolah tempat tugas,

– memilih masalah yang paling penting dan memerlukan pemecahan dengan segera,

– membuat rancangan proposal PTK yang sekurang-kurangnya mengandung unsur : (1). judul, (2) latar belakang masalah, (3) rumusan masalah, (4) kajian teori walaupun hanya pada point -point yang akan dibahas serta (5) metodologi PTK yang sekurang-kurangnya berisi setting, skenario PTK dan kriteria keberhasilan PTK.

Sedangkan untuk kegiatan workshop pengembangan perangkat pembelajaran Anda harus mempersiapkan semua perangkat pembelajaran yang dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar untuk disempurnakan..

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda membaca Buku 4 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan PLPG tahun 2011 yang dapat Anda download di sini

3 responses to “BERSIAP MENGIKUTI PLPG 2011

  1. walaupun saya belum masuk kuota sertifikasi 2011 pola PLPG
    kan g ada salahnya download pak?
    ==============
    Ciri guru profesional adalah guru yang mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.Itu yang penting dan harus dipegang teguh guru, baik sebelum maupun sesudah mengikuti sertfikasi guru. Selamat berkarya.

  2. achmad muchtar lutfi

    pak aku usul bagaimana kalau materi atau modul plpg jember 2011 dapat bapak sajikan di sini karena itu sangat kami butuhkan sehingga kami dapat belajar terlebih dahulu atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih mohon maaf pak kami juga belum ikut sertifikasi tapi mungkin 3 atau 4 tahun lagi hal itu akan terjadi pada diri kami
    ============
    Sebetulnya dengan membaca Buku 4 tentang Pedoman Pelaksanaan PLPG sudah cukup bagi guru untuk menjadi lebih siap mengikuti PLPG. Coba download blog ini dan baca dengan cermat. Terma kasih.

  3. Terima kasih atas informasi yang bapak berikan.
    Sangat membantu saya untuk memahaminya.
    =============
    Terima kasih atas kunjungannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s