MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS / PTK

menulisMenyusun proposal penelitian tindakan kelas adalah kegiatan gampang-gampang susah. Dikatakan GAMPANG  karena materi yang dapat dijadikan bahan tulisan boleh dikata MELIMPAH di hadapan kita yaitu semua permasalahan yang terjadi pada kegiatan belajar mengajar di kelas dan memerlukan pemecahan.  Disebut SUSAH memang kegiatan menulis adalah sesuatu yang tidak dapat dilatihkan  atau didiklatkan.Kegiatan pelatihan menulis ( malaupun iu penting ) pada akhirnya hanya akan memperkaya pengetahuan seseorang tentang teori teori atau teknik menulis, bukan pada keterampilan menulis itu sendiri.  Menulis adalah suatu keterampilan dan butuh proses panjang untuk menjadi KEBIASAAN.

Namun demikian menulis ( baca: menyusun PTK ) seharusnya bukanlah sesuatu yang amat susah dan dijadikan momok bagi guru karena kegiatan menulis adalah bagian dari kegiatan sehari-hari bagi guru dalam menjalankan tugasnya. Hanya butuh ketelatenan, kesabaran dan kemauan keras untuk menjadikan menulis sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan. Apabila Anda sudah memiliki banyak teori tentang menulis, itu adalah modal utama PLUS harus ditunjang dengan  membaca sebanyak mungkin buku referensi untuk memperkaya khasanah pengetahuan Anda.

Dalam menyusun proposal PTK, ada beberapa hal yang harus Anda cermati yaitu :

  1. JUDUL : jangan terlalu panjang ( misalnya 20 kata ) , spesifik dan jelas menggambarkan masalah yang diteliti, tindakan untuk mengatasi masalah, hasil yang diharapkan serta tempat di mana penelitian dilakukan.
  2. PENDAHULUAN : berisi masalah nyata dan jelas, mendesak, serta pengidentifikasian masalah juga jelas.
  3. RUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH : rumusan masalah harus jelas, bentuk tindakan pemecahan masalahsesuai dengan masalahnya serta tampak indikator keberhaslannya
  4. TUJUAN dan MANFAAT : sesuaikan dengan rumusan masalah
  5. KAJIAN PUSTAKA : sesuai antara dengan point-point yang dikaji dengan permasalahan
  6. METODOLOGI PENELITAN : haruslah jelas subyek, tempat dan waktu penelitian serta ada rencana rinci atau skenario PTK
  7. JADWAL PENELITIAN : tulislah dengan jelas jadwal penelitian , misalnya dimulai pada bulan Juli/ awal tahun ajaran
  8. DAFTAR PUSTAKA : tulisah daftar pustaka sesuai dengan ketentuan.

Jangan lupa bahwa menulis proposal PTK haruslah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau baku.

Bagi Anda yang membutuhkan contoh proposal PTK untuk dijadikan bahan bacaan untuk  memperkaya pengetahuan tentang penyusunan proposal PTK , kami akan mengirimkan ke Anda melalui e-mail Anda, dengan syarat Anda harus memberikan / menulis komentar pada artikel ( mana saja ) yang ada pada blog ini.

Tulis komentar Anda serta alamat e-mail yang jelas dan masih aktif, kami akan mengirimkan contoh proposal ke Anda ( hanya ) melalui e-mail Anda.

44 responses to “MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS / PTK

  1. ……….. Jangan lupa bahwa menulis proposal PTK haruslah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau baku. …………… —Mohon pencerahannya: KBBI atau Buku Praktis BI (kedua-duanya diterbitkan pusat bahasa) yang dijadikan acuan? Pertanyaan ini muncul karena saya melihat ada beberapa perbedaan pada sumber tsb.
    =================
    Kalau Bahasa Indonesia tidak baku diartikan sebagai ragam bahasa Indonesia yang digunakan dalam situasi tidak formal atau tidak resmi yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku, maka di luar itu disebut sebagai bahasa baku.
    Untuk contoh proposal akan kami kirimkan lewat e-mail Anda. Terima kasih atas kunjungannya.

  2. ditunggu kiriman emailnya..pak
    salam kenal dari guru pucuk gunung (JENGGRONG PUNYA)
    ============
    Terima kasih kunjungannya. Selamat berkarya.

  3. Wah jaman sekarang guru harus paham dunia IT….Hebatlah klo begitu seh…
    =============
    Kompetensi profesional memang menuntut guru untuk selalu mengikuti perkembangan jaman termasuk perkembangan IT dan penggunaannya khususnya dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Terima kasih atas kunjungannya.

  4. faridakuswandari

    sy tgu kiriman emailnya sbg bahan tambahan ilmu bagi sy khususnya yg blm ikt PLPG
    ===========
    Terima kasih atas kunjungannya pada blog ini. Contoh proposal PTK saya kirimkan ke e-mail Anda. Semoga bermanfaat.

  5. pastinya kami juga butuh banget pak, andai semua pengawas seperti Bapak pastinya pendidikan di Lumajang segera Bangkit
    jazakumullah
    ===============
    Terima kasih. Mari kita bekerja semaksimal mungkin sesuai dengan amanah yang kita terima, karena sekecil apapun yang kita lakukan semua nantinya akan dimintai pertanggungjawaban oleh-Nya.

  6. kami tunggu kiriman contohnya di ayomendidik@yahoo.com
    jazakumullah

  7. saya sangat mebutuhkan untuk belajar memb uat proposal PTK agar cara mengajar saya bisa seutuh nya melayani siswa di tempat saya mengajar,,, tolong di kirim contoh PTK dengan metode apa saja agar dr pengalaman bapak , saya akan coba terapkan …
    ===============
    Terima kasih atas kunjungannya.

  8. Andreas Zulfikar

    saya mau donk contoh makalah PTK.

    untuk contoh perbandingan dalam pengerjaan skripsi…
    terima kasih…////

  9. saya mau donk contoh makalah PTK.

    untuk contoh perbandingan dalam pengerjaan skripsi…
    terima kasih…////
    ==========
    Terima kasih atas kunjungannya. Proposal PTK akan kami kirimkan ke Anda

  10. contoh makalah PTK untuk tugas

  11. mari berbagi demi masa depan mutu guru di sekolah-sekolah

  12. saya mengajar kelas satu . sekarang banyak permasalahan yang saya hadapi terutama pada awal pelajaran siswa banyak yang rewel suka menangis dan bermain pada waktu pelajaran . masalah ini ingin saya jadikan penelitian .judul apa yang sebaiknya saya gunakan dan tolong saya dikirim contohnya .
    ===========
    Terima kasih atas kunjungan Anda. Untuk sharing Judul penelitian, coba Anda buat Proposal penelitan dulu atau kirimkan latar belakang dan rumusan masalah yang Anda temukan. terima kasih.

  13. Saya guru kelas 6 ,permasalahan saya hadapi siswa dalam mengikuti pelajaran ipa,hasil evaluasi siswa di bawah rata rata, siswa tidak fokus pada KBM.masalah ini saya ingin jadi kan penelitian .judul apa yang baik untuk saya gunakan dan tolong kirim kan contoh proposal dalam pelajaran IPA.
    ==========
    Ada yang bisa membantu ? Silakan tanggapi di kolom komentar ini. terima kasih.

  14. saya sedang menyusun PTK dengan judul : Peningkatan ketrampilan menulis puisi dengan media gambar alam sekitar. Mohon bantuannya untuk memperoleh kajian pustaka yang relevan….Terimakasih atas bantuannya.
    =============
    Beberapa tulisan yang terkait dengan keterampilan menulis puisi telah dikirimkan ke Anda. Anda bisa mencari referensi lainnya dengan browsing di Googlebook. terima kassih.

  15. Saya juga butuh contoh PTK yang baik sebagai inspirasi menulis PTK…..Tolong dong kirim ke email saya….makasih.
    =========
    Terima kasih. Contoh proposal PTK akan kami kirimkan ke Anda. Semoga bisa dijadikan sebagai tambahan referensi.

  16. rosi tri handayani

    saya butuh contoh proposal PTK,untuk bahan kuliah saya …..tolong doong kirim ke email saya penting,sebagai bahan perbandingan ..makasih

  17. Minta tolong deh proposal PTK bwt tugas akhir kuliah

  18. Saya guru kelas 1 SD. ……saya mempunyai permasalahan ,……… terutama pada awal pelajaran ….siswa, banyak siswa yg rewel, suka menangis dan bermain pada waktu pelajaran, ….. masalah ini ingin saya jadikan penelitian.dan bagaimana metode yg saya terapkan untuk megatasinya, ….serta apa judul penelitian sebaiknya saya gunakan.. tolong dikirim beserta contohnya….
    Terima kasih .
    ==============
    Terima kasih atas kunjungannnya. Contoh dan juknis PTK kami kirimkan lewat email ke Anda.

  19. saya sedang menyusun PTK dengan judul : MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEYAKINAN HARI AKHIR MELALUI MEDIA LCD BAGI SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 NYANGKOWEK KABUPATEN SUKABUMI. Mohon bantuannya untuk memperoleh contoh teknis penyusunan jadwal kegiatan penelitiannya….Terimakasih atas bantuannya.

  20. akhjark@gmail.com

    susahnya naik pangkat harus setidaknya membuatnya membuat PTK. mau tidak mau lah. makanya harus cari sana sini sebagai perbandingan dan pembelajaran.
    =============
    Terima kasih kunjungannya. Contoh dan juknis PTK kami kirimkan lewat email Anda. Semoga bermanfaat. salam dar swaraguru.wordpress.com

  21. akhjark@gmail.com

    Mau tidak mau harus membuat PTK biar kualitas guru dan pembelajarannya semakin baik

  22. kirim contoh ptk tik smk kls 10 dongggg

  23. Tolong doong kirim ke emil saya,contoh proposal ptk untuk menambah dalam membuat tugas.
    ===============
    Terima kasih kunjungannya dan contoh proposal PTK kami kirimkan ke email Anda

  24. saya mau donk dikirimi contoh PTK. PTK untuk SD ya….. makasi sebelumnya.
    =============
    Terima kasih atas kunjungannya dan contoh serta juknis PTK kami kirimkan lewat email Anda. Semoga bermanfaat

  25. Bismillah,,

    Saya butuh contoh proposal PTK dan Non PTK untuk menyusun proposal,, Tolong di kirim ke email saya,, Syukran:-)

    Thanks a lot,,
    ============
    Terima kasih atas kunjungannya dan contoh proposal PTK dan juknis PTK kami kirimkan ke e-mail Anda. Semoga bermanfaat

  26. Saya beruntung menemukan website anda, karena saya sangat membutuhkan contoh proposal ptk untuk klas IV SD (IPA,IPS,MTK,PKn,BI). Sudilah kiranya mengirimkan ke email saya. Trims. Maju terus pendidikan Indonesia !
    ===========
    Terima kasih kunjungannya dan contoh proposal PTK kami kirim ke email Anda. Semoga bermanfaat.

  27. saya mahasiswa Pendidikan Ekonomi, saya minta contoh proposal PTK yg sesuai dengan fakultas yg saya ambil
    ==========
    Terima kasih kunjungannya. Pembaca Ada yang bisa bantu ?

  28. saya minta tolong kirimin contoh ptk smp…yg bahasanya mudah dimengerti dan dipahami..

    makasih sebelumnya ..

  29. Husnul Maab

    saya salah seorang praktisi pendidikan /komite sekolah yg ingin membina salah satu sekolah yg baru terbentuk untuk mohon bantuan dan dukungan contoh proposal ptk/pts trims wassalam

  30. Ahmad bustami alfarisy

    Saya tunggu kiriman emailnya pak
    karna saya jga sedang melakukan seminar proposal ptk

  31. saya ingin membuat PTK untuk meniliti tentang meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris dengan menggunakan games, tlg dikirim kalau ada contoh ptk yg sesuai thanks
    ======================
    Mohon maaf, PTK yang Anda maksud kami tidak memilikinya.

  32. tolong minta contoh propoal ptk tk..

  33. saya ingin membuat PTK untuk mapel IPS kelas VI tentang negara2 di dunia. , sebaiknya judul dan metode apa yang saya gunakan ?, karena saya masih belum pengalaman tolong dikirim contoh PTK
    di = permata_kawis@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya.

  34. Salam kenal …
    Saya seorang guru SD Negeri di Kota Samarinda, saat sedang menjalani pendidikan kualifikasi S1 di STAIN Samarinda yang sudah berjalan semester 6. Saya sedang melakukan PTK PEMAHAMAN KONSEP HARI AKHIR MENGGUNAKAN MEDIA LCD di SD kelas VI. Mohon kiranya tuan mengirimkan contoh atau bahan acuan untuk PTK tersebut. Terimakasih atas bantuannya. Semoga tuan semakin maju dan membawa manfaat bagi banyak kalangan khsusnya rekanan guru.

  35. andika redy marantika, S.Pd

    Banyak versi tentang proposal PTK khususnya guru SD, tolong pak kirimi saya contoh Proposal PTK SD kelas 4 atau 5 sebagai reverensi, juga judul buku tentang Proposal PTK

  36. Hartono sumitro

    Betul mas, ptk gampang tapi susah, jujur ptk itu penting, tp lebih penting bahan referensi yg mendukung ptk tersebut. Trims mau berbagi, kami guru tp miskin referensi ptk sangat mengharapkan bahan tersebut.

  37. melakukan penelitian tindakan kelas tu tidak susah,,,, namun kebanyakan teman-teman guru di pedesaan sulit mendapatkan refrensi…. karena bagaimanpun validnya sebuah karya itu tergantung refrensi yag kita peroleh…………….

  38. Materi bagus dan mengena sesuai dengan harapan para guru atau siapapun yang berminat membuat PTK .

  39. materi OK banget, meskipun saya sudah pernah membuat kayaknya saya harus lebih semangat lagi untuk menulis. Lama tidak menulis takut lupa he.. he…

  40. mashuri bekti

    saya guru SMK swasta di rawalo kab banyumas ingin sekali mendapat pembelajaran menyusun PTK. mohon dikirim contoh penyusunan PTK ke e-mail saya. matur suwun.

  41. CONTOH PTK DI SD.. boleh di tampilkan gak?

  42. muhammad samlani

    saya suka menulis, tapi terkadang bahasa dan urutan sesuatu yang saya uraikan selalu tidak fokus atau malah berbelit-belit….mohon pencerahannya pak…
    ============================================
    Coba tulis pokok pokok pikiran yang akan menjadi kerangka , kemudian urutkan pokok pikiran tersebut. Jika urutan sudah terasa pas, kembangkan pokok pikiran tersebut sehingga menjadi tulisan utuh. terima kasih.

  43. St.Djuwariyah

    bagi ilmunya dong…dalam penyusunan ptk untuk guru SD.thanks…..

  44. slamet untung

    adakah PTK yang sudah jadi dan lengkap untuk SD dengan instrumen dan tata cara yang sudah teruji kebenarannya menurut para pakar

Leave a Reply

