UJI KOMPETENSI GURU ONLINE

Pemerintah akan melakukan tes Uji Kompetensi Guru yang akan dimulai pada 30 Juli 2012 ini. Adapun tujuan dari UKG adalah untuk pemetaan penguasaan kompetensi guru sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan pembinaan dan pengembangan profesi guru. Disamping itu UKG juga bertujuan sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.

Kegiatan UKG ini harus diikuti oleh semua guru, baik PNS maupun Bukan PNS serta guru yang sudah bersertifikat pendidik maupun belum bersertifikat pendidik. Kegiatan UKG tidak terkait dengan tunjangan profesi karena kegiatan ini bukan kegiatan resertifikasi atau uji kompetensi ulang yang ditujukan untuk memutus tunjangan profesi.

Teknis pelaksanaan Uji Kompetensi Guru menggunakan dua cara yaitu cara online dan cara manual ( paper pencil test ). Jika daerah memiliki sarana yang memadai di bidang komputer, maka diselenggarakan secara online, jika tidak memiliki sarana dapat menyelenggarakan UKG secara manual.

Persayaratan untuk mengikuti kegiatan UKG bagi guru yang bersertifikat pendidik adalah mereka yang memiliki sertifikat pendidik tahu 2007 s.d. 2011, pada 2012 ini belum memasuki masa pensiun dan masih aktif mengajar, Sedangkan bagi yang yang belum bersertifikat pendidik, haruslah PNS atau guru tetap yayasan ( GTY ) dan memiliki NUPTK.

Jadwal kegiatan UKG adalah :

1. Bagi yang bersertifikat pendidik, UKG online tangal 30 Juli 2012 s.d. 12 Agustus 2012.

2. Bagi Pengawas sekolah bulan Oktober 2012

3. Ujian Manual ( paper pencil test ) tanggal 4 September 2012

4. Bagi yang belum bersertifikat pendidik dilaksanakan tahun 2013

Peserta UKG nantinya akan menjawab 100 butir soal dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban dalam waktu 120 menit. Khusus untuk yang tuna netra diberikan waktu 120 menit.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunduh Pedoman UKG Tahun 2012 dengan klik PedomanUKG

Para guru diharapkan berlatih menggunakan komputer agar dalam pelaksanaanya nanti dapat lancar, karena dalam menjawab tes secara online ini tidak dapat diwakilkan.

Kisi-kisi tes uji kompetensi guru selengkapnya dapat Anda download di sini

5 responses to “UJI KOMPETENSI GURU ONLINE

  1. Trimakasih untuk kii kisi UKG bisa saya unduh, unt daft peserta belum ada / belum bisa

  2. Tulisan Anda sangat bermanfaat

  3. Bapak dan Ibu guru sekalian.
    Ada cara baru pembagian bersusun NON POROGAPIT
    kunjungi: LINK INI

  4. ijin sharing,,,
    silahkan bergabung di web ujian-online.net, gratis….
    terima kasih

  5. Terima kasih. Tulisan yang inspiratif. Mudah-mudahan bermanfaat. AMIN…

Leave a comment